Artikel ini diredirect dari erentech.my.id ke rinfonet.blogspot.com .Tenang pemilik web ini adalah orang yang sama. Boleh?

Pengalaman Awal Ngeblog Sampai Diterima AdSense Disertai Tips

 


Halo,sobat RInfo!

Tak terasa sudah beberapa bulan aku membuat blog ini.Perjuanganku dari pertama kali ngeblog sampai sekarang,penuh suka dan duka.Ada berbagai macam rintangan masalah yang aku hadapi.Sekarang aku bersyukur,sebagian perjuanganku sudah mendapat hasil.Sebagai sebagian dari tanda bersyukurku,aku akan membagikan pengalamanku dari awal ngeblog sampai aku diterima AdSense.Langsung saja kita keceritaku.

Baca juga:Cara Menentukan Topik Blog Mudah

Pengalaman Ngeblog

 

1.Inspirasi aku ngeblog

Pertama kali aku ingin membuat blog yaitu dengan alasan pandemi.Pandemi membuatku terinspirasi untuk melakukan sesuatu hal yang bisa bermanfaat.Akhir tahun 2018 aku mencoba membuat channel YouTube,dan berhenti lama.Awal pandemi datang,aku mencoba meneruskan channel YouTube aku.Setelah hampir 20 video,aku mulai bosan karena syarat untuk menghasilkan uang itu susah,dan akupun memutuskan berhenti.

Setelah beberapa lama(tepatnya bulan Juli),aku mencoba googling 'cara menghasilkan untuk pelajar saat pandemi'.Salah satu yang membuatku terkesan yaitu blog.Yang membuat aku mau ngeblog,blog itu media komunikasi,sharing ilmu, pengalaman dan lainnya yang bisa menghasilkan uang.

Baca juga:Cara Amankan Akun Google dari Hacker

Benar,awalnya tujuanku itu demi uang yang katanya bisa menghasilkan paling kecil Rp 1,3 juta sampai Rp 10 juta.Akupun memutuskan membuat blog yang namanya 'RNBlog'(sekarang dihapus) menggunakan platform blogger.Akupun mulai menulis artikel,yang jumlah katanya gak sampai 300 kata.Waktu itu postinganku sudah ada 6(kalo gak salah).Dan tentunya saya ajukan di webmaster tools.

Setelah itu,aku mulai menjingling blog sendiri saking ingin cepat cepat menghasilkan.Ketika jinglinganku sudah mencapai 2 ribu kunjungan.Aku mulai mencari tahu soal google AdSense,lalu aku ajukan blog supaya menghasilkan iklan.Seperti yang sudah pasti,ditolak.Akupun ingin mengganti nama blog dan tentunya membackup postingan yang sudah dibuat.

Aku membuat lagi blog itu di platform wordpress yang gratis.Ternyata, wordpress yang gratis itu memiliki banyak keterbatasan.Sayapun ganti lagi menggunakan platform blogger lagi,tapi dari awal lagi.Seperti biasa,aku gagal dan membackup postingan yang sudah dibuat.Lalu aku hapus dan bertekad tidak dulu mementingkan uang dan bersungguh-sungguh mengurus blog.

Baca juga:Cara Menjadi Produktif

2.Serius Membuat Blog

Pada bulan Oktober 2020 aku membuat lagi blog dengan nama RInfonet.Betul,yang kalian baca saat ini,merupakan hasil tekadku.Aku mulai membenahi tentang peraturan peraturan supaya ramah SEO(kebetulan saya baru belajar SEO).Sama juga Favicon,logo,tema dan lainnya supaya bisa terstruktur dan kelihatan responsif.Mulailah saya meneruskan postingan dengan 3 postingan perminggu.

Tapi,semua itu tak semulus yang direncanakan.Kadang seminggu itu hanya 1 atau 2 postingan.Dan dari bulan Oktober sampai Desember aku cuman menghasilkan 19 Postingan.Pada bulan November awal,aku mencoba mangajukan lagi permintaan kepada google AdSense,tapi sampai bulan Desember gak ada keputusan diterima atau ditolak.Dari saat itu aku gak memperdulikan AdSense lagi.

Lalu aku berencana ingin lebih serius lagi dalam blog,akupun join grup WhatsApp yang membahas soal blog,akupun mendapatkan teman blog yang lumayan akrab.Digrup tersebut banyak yang membagikan link grup blog lain,dan akupun sekarang memasuki 6 blog yang didalamnya ada para blogger profesional.

Pada minggu kedua di bulan Januari tahun 2021 aku bertekad rajin membuat postingan dengan 1 postingan perhari.Disana aku menemukan cara menentukan topik blog dengan mudah.Waktupun berjalan,hingga Minggu akhir bulan Januari.Pada tanggal 26 Januari 2021,aku ingat dan iseng iseng mengecek google AdSense,ternyata laporan penghasilan sudah muncul.Aku disitu senang,karena pikirku aku sudah diterima.

Akupun mencoba bertanya kegrup blogger, sebenarnya ini apa.Terus ada yang memberi tahu bahwa itu bukan diterima (aku sedih),tapi itu tandanya akun AdSense aku sudah tersetujui.

Baca Juga:Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan

 

3.Diterima AdSense

Lalu teman blogku memberi tahu,aku harus men-adsite situs.Akupun dibimbing untuk men-adsite,dan ada pernyataan gini:

Setelah satu hari, tepatnya pada tanggal 27 Januari 2021,aku mendapat Email dari google AdSense bahwa situs RInfonet siap menayangkan iklan.Akupun senang kegirangan dan menceritakan ke orang tuaku.

Nah,aku mulai menyeting tampilan iklan dengan tentunya dibimbing oleh teman blogku.Singkatnya situsnya sudah ada iklannya,semua itu berkat Tuhan Yang Maha Pemurah dan berkat teman blogku juga.

Dan Alhamdulillah,aku sudah bisa menghasilkan pundi pundi uang,jika dirata-ratakan aku sudah menghasilkan uang kira kira Rp 300 perhari.Mungkin kamu menganggapnya receh,tapi bagiku sungguh lumayan.

Baca Juga:Cara Membuat Akun Adsense

Kesimpulan

& Tips

Itulah sedikit pengalamaku tentang ngeblog, sedikit saran dariku kamu jangan memikirkan dulu soal uang atau AdSense.Akupun sempat tidak perduli dengan itu,dan menfokuskan untuk memposting dengan rajin dan tentunya dengan postingan berkualitas.

Jangan menyerah dan malas dalam blog,karena jika kamu menyerah sama saja kamu itu cuman mementingkan uang.Nah, mungkin sekian sedikit pengalamanku soal blog.Jika tulisanku ini ada yang salah,kamu ambil saja yang baiknya.Terima kasih



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url