Artikel ini diredirect dari erentech.my.id ke rinfonet.blogspot.com .Tenang pemilik web ini adalah orang yang sama. Boleh?

Review KZ AZ09 Pro Earhooks Wireless Bluetooth

Review KZ AZ09 Pro Earhooks Wireless Bluetooth

sumber gambar : tokopedia 

Review KZ AZ09 Pro Earhooks Wireless Bluetooth - Bagi kamu yang sudah memiliki earphone dari brand knowledge zenith pasti akan berpikir, bagaimana jika earphonenya ada yang wireless. Dan ternyata memang ada, saya juga agak sedikit senang ketika tahu soal ini, walaupun sebenernya dari dulu ada. 

Kamu mungkin tahu bagaimana kualitas suara earphone ini, yang mana kabel yang disediakan produk ini menjadi salah satu yang mempengaruhi kualitasnya. Apakah dengan adanya modul wireless ini menurunkan kualitas suaranya dan juga latensi frekuensimya akan menjadikannya delay? Erentech coba ulas disini.

Spesifikasi KZ AZ09 Pro Earhooks Wireless Bluetooth

Sebelum mengulas, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu spesifikasi yang dibawakan oleh KZ AZ09 ini supaya bisa lebih dibayangkan.

Merek & Seri KZ AZ09 Pro Earhooks Wireless Bluetooth
Bluetooth 5.2
Mic Yes
Koneksi Jangkauan 15meter, mode permainan 40ms, Hubungkan Otomatis
Prosessor AAC Transmisi Audio
Fitur Tombol
Desain Ergonomis
Support Semua yang memiliki bluetooth
Baterai Earhook  50 mA
Baterai Dock 800 mA
Total Ketahanan Baterai >40 jam
Indikator Baterai Yes
Berat  Earhook 9,5 gram
Harga +-Rp397.700(harga sewaktu waktu bisa berubah)

Review KZ AZ09 Pro Earhooks Wireless Bluetooth

Hal pertama yang diperhatikan dalam melihat modul wireless ini yaitu dari segi kococokan pin dari earphone kz yang kamu punya. Misal kebetulan saya punya earphone KZ EDX Pro yang seri bass nya yang menggunakan pin c, maka dapat dipastikan modul yang cocok adalah modul wireless pin c.

Mungkin dari desain KZ ini memiliki tema yang sama, jadi modul earhook ini melengkung kebelakang telinga. Kamu tidak perlu khawatir earphonenya akan menyebabkan tidak nyaman atau sakit, karena didesain ergonomis. Yaitu akan nyaman dengan berbagai bentuk telinga.

Untuk bagian suara sendiri, tidak akan berbeda jauh dengan earphone kamu sebelumnya ketika memakai kabel. Pasalnya spesifikasi pada bagian koneksinya sudah cukup bagus, yaitu menggunakan teknologi transmisi AAC dan sudah memakai bluetooth 5.2 yang mana kedua hal tersebut membuat transmisi data suaranya cepat, jernih dan anti delay yang berarti. Bluetooth 5.2 merupakan versi yang lebih hemat baterai karena mungkin sudah disempurnukan lagi.

Terus kalau begitu apa untungnya memasang fitur wireless ini jika kualitas suara tidak meningkat? Kalo mau meningkat sekalian upgrade dengan earphone nya hehe. Tentunya keuntungan bukan terletak pada suara, tapi pada fleksibelitasnya. 

Kamu tidak akan meluruskan lagi kabel yang terlilit, tinggal plug langsung bisa. Ngomongin pemakaian, setelah saya coba untuk gaming itu lumayan enak, tidak ada delay yang berarti. Tapi sepertinya jika jarak perangkat dengan earphone lumayan jauh dengan lebih dari 15 meter pasti akan sedikit terganggu. Pada keterangannya untuk gaming sendiri ini 40ms.

Masa pakai baterainya pun kisaran 6 jam dari full dengan volume tidak full, bisa lebih atau kurang. Dan untuk pengisian pada case nya bisa 8-10 kali dengan kapasitas 800mA. Tapi untuk saya sendiri tidak sengaja sampai dihabiskan, jadi klaimnya belum bisa saya pastikan. Untuk masing-masing earphone memiliki kapasitas baterai 50mA. Ya kan berarti tinggal 800mA dibagi ( 50mA x 2 ).

Pada case nya terdapat beberapa aksesoris, diantaranya terdapat port USB Type-C dan lampu indikator baterai. Indikator tersebut memiliki 3 tanda yaitu merah, kuning dan hijau. Casenya pun terbuat dari material plastik, tapi lumayan solid dan finishing nya cukup bagus karena glossy gitu.

Pada earphonenya sudah mendukung microphone, walaupun microphone nya kurang worth it tapi ya untung ada dari pada tidak. Pasalnya microphone ditelinga itu kurang menangkap suara, jadi jika menelpon suara kamu akan pelan terdengar disana. Selain microphone ada juga tombol untuk berbagai fungsi. Misalnya jika ingin jeda lagu, mulai atau stop lagu, angkat telpon dan tutup telpon, maka tinggal tekan tombol sekali saja. Jika ingin lagu selanjutnya maka klik dua kali module earphone sebelah kanan dan sebaliknya.Jika ingin asisten tekan saja 2 detik.

Ada satu hal yang membuat earphone ini tidak delay, yaitu koneksi bluetooth nya itu masing-masing sisi earphone. Jadi kedua earphone dengan module wireless nya bisa dihubungkan kepada perangkat yang berbeda. 

Jadi apakah worth it atau tidak? Jawabannya adalah worth it jika memang kamu benar-benar risih dengan kabelnya. Juga pada saat saya membuat artikel ini, harganya ini sekitar Rp400.000 karena sedang flash sale. Cuma mungkin kekurangannya yaitu pada baterai yang mungkin usianya bisa terus berkurang.

Mungkin itu saja dari Erentech, berikut ulasan dari pengguna lain dan link pembeliannya. Terima kasih.

Review KZ AZ09 Pro Earhooks Wireless Bluetooth
sumber gambar : tokopedia 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url